TUGAS TIK
MENGULAS SOCIAL MEDIA “TWITTER”
Dosen :
Nuning Minarsih, S.Pd, M.Kom
Nuning Minarsih, S.Pd, M.Kom
Oleh
Aditya
Tionova
Andreas Dwi
Sr. Marisa, Osf
Yanuaria Eka Sari
Andreas Dwi
Sr. Marisa, Osf
Yanuaria Eka Sari
SEKOLAH TINGGI PASTORAL KATEKETIK (STPKAT) ST.FRANSISKUS ASSISI SEMARANG
2014
2014
KATA
PENGANTAR
Puja dan
Puji Syukur hanya milik Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kasih
sayang-Nya dan memberikan waktu kepada penulis untuk menyelesaikan tugas makalah
matakuliah TIK yang berjudul “Mengulas Twitter” Penulis juga mengucapkan terima
kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini.
Makalah
tentang ulasan mengenai sosmed Twitter ini diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
semester II mata kuliah TIK. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan
informasi lebih jauh mengenai twitter kepada pembaca.
Penulis
sangat menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu,
penulis mengharapkan kritik dan saran baik secara tertulis ataupun secara
lisan, khususnya kepada Dosen pengampu mata kuliah TIK Ibu Nuning Minarsih,
S.Pd, M.Kom agar penulis bisa mengembangkan ilmu pengetahuannya, khususnya memahami
tentang TIK dibidang social media.
Semarang,
20 April 2014
Penulis
DAFTAR
ISI
Cover Dalam
..............................................................................................................
1
Kata Pengantar
............................................................................................................
2
Daftar Isi
.....................................................................................................................
3
BAB I Pendahuluan
A. Latar
Belakang
...............................................................................................
4
B. Rumusan
Masalah
..........................................................................................
4
C. Tujuan
............................................................................................................
4
BAB
II Pembahasan
A. Pengertian
Twitter
..........................................................................................4
B. Sejarah
Twitter ..............................................................................................
5
C. Penggunaan
Twitter
......................................................................................
6
D. Lambang
atau Logo Twitter ..........................................................................10
E. Dampak
Positif & Negatif
.............................................................................10
BAB III Kesimpulan
A. Simpulan
......................................................................................................13
BAB
IV Daftar Pustaka
...........................................................................................14
I.
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dewasa ini di era globalisasi IPTEK
semakin maju, tidak ketinggalan juga social media semakin banyak berkembang dan
maju. Tidak hanya berkembang di kalangan remaja tetapi anak-anak serta orang
dewasa juga banyak menggunakan. Aplikasi yang semakin canggih serta ringkas
banyak ditawarkan. Dengan semakin majunya IPTEK orang semakin mudah
berkomunikasi dengan orang lain yang berada dilain tempat yang jauh. Tidak
aplikasi social media terkecuali ‘twitter’, banyak orang menggunakan aplikasi
social media tersebut dengan berbagai pertimbangan, untuk media komunikasi,
media beriklan, berbisnis, media pendidikan, mencari lowker dan masih banyak
lagi kegunaannya. Tetapi disisi lain ‘twitter’ juga mempunyai sisi negative,
tidak jarang pula orang menjalankan aksinya untuk menipu orang lain dengan menggunakan
aplikasi social media ‘twitter’.
B.
Rumusan
Masalah
a.
Apa
itu twitter ?
b.
Bagaimana
sejarah twitter ?
c.
Bagaimana
penggunaanya ?
d.
Apa
lambang (logo) dari twitter ?
e.
Apa
dampak positif dan negatif dari twitter ?
C.
Tujuan
a.
Mengetahui
yang dimaksud dengan twitter
b.
Mengetahui
sejarah twitter
c.
Mengetahui
penggunaan twitter
d.
Mengetahui
lambang dari twitter
e.
Mengetahui
dampak positif dan negatif dari twitter
II.
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Twitter
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya
untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).
Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack
Dorsey, dan situs jejaring
sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi
salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak terdaftar
hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan
melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS),
atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler. Twitter mengalami
pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia.
Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di
Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter
umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal
2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan
Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan
pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter
naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring
sosial yang paling sering dikunjungi di
dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.
B.
Sejarah
Twitter
Asal
mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah
perusahaan podcast bernama Odeo. Jack Dorsey, seorang mahasiswa
sarjana di Universitas New York,
mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah
kelompok kecil. Nama kode proyek asli
untuk layanan ini adalah “twttr”, gagasan yang kemudian diungkapkan
oleh Evan Williams dikemukakan oleh Noah
Glass; terinspirasi oleh Flickr dan kode
singkat SMS Amerika yang
jumlahnya lima digit. Para pengembang awalnya memutuskan angka
"10958" sebagai kode singkat untuk layanan ini, namun kemudian diubah
menjadi "40404" untuk kemudahan "penggunaan dan
pengingatan." Pengerjaan
proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006, ketika Dorsey memublikasikan
pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST.
Pesan tersebut berbunyi: "just setting up my twttr".
"...kami memilih kata 'twitter',
dan itu sempurna. Defenisinya adalah 'ledakan singkat informasi tidak penting',
dan 'celotehan burung'. Dan seperti itulah tepatnya produk ini. – Jack Dorsey
Twitter
pertama kali digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo, dan versi
lengkapnya diperkenalkan kepada publik pada tanggal 15 Juli 2006. Pada bulan
Oktober 2006, Biz Stone, Evan Williams, Dorsey, dan staf Odeo
lainnya membentuk perusahaan baru, mengakuisisi Odeo dan semua asetnya –
termasuk Odeo.com dan Twitter.com – dari investor dan pemegang saham. Williams lalu memecat Glass, yang
tidak mengungkapkan mengenai perannya dalam pendirian Twitter hingga tahun
2011. Twitter berdiri sebagai perusahaan mandiri pada bulan April 2007.
Titik
puncak popularitas Twitter terjadi
saat penyelenggaraan konferensi South
by Southwest Interactive (SXSWi)
pada tahun 2007. Selama acara tersebut, penggunaan
Twitter meningkat dari 20.000
kicauan menjadi 60.000 kicauan per hari. Menurut Steven Levy dari Newsweek,
"Orang-orang Twitter dengan cerdik menempatkan layar plasma 60 inci di
aula konferensi, yang secara eksklusif menayangkan pesan Twitter. Para panelis
dan pembicara membicarakan layanan tersebut, dan para blogger yang hadir
memujinya." Reaksi publik pada konferensi tersebut sangat positif. Blogger
Scott Beale berkata bahwa Twitter "benar-benar merajai" SXSWi. Pakar media sosial, Danah Boyd, mengatakan bahwa Twitter
"menguasai" konferensi. Staf Twitter menerima penghargaan Web Award,
dan menyatakan: "kami ingin mengucapkan terima kasih dalam 140 karakter
atau kurang. Dan kami baru saja melakukannya!". Pesan Twitter pertama yang
dikirimkan dari luar Bumi diposting dari Stasiun
Luar Angkasa Internasional oleh
astronot NASA bernama T. J. Creamer pada tanggal 22 Januari 2010. Pada akhir November 2010, rata-rata
selusin kicauan per hari diposting dari akun @NASA_Astronauts. NASA juga telah
menggelar lebih dari 25 "tweetups",
yaitu ajang yang menawarkan akses VIP ke fasilitas NASA bagi para peserta di
jejaring sosial untuk meningkatkan tujuan penjangkauan NASA.
C.
Penggunaan
Twitter
Sebenarnya
menggunakan twitter tidaklah terlalu sulit, jika memperhatikan
istilah-istilahnya pengguna dapat dengan mudah memahami bagaimana penggunaan
twitter.
·
Cara
menggunakan twitter :
1.
Memiliki Akun Twitter
Jika ingin menggunakan twitter tentu saja kita harus memiliki
akun twitter dengan cara mendaftarkan melalui email pengguna di http://twitter.com
2.
Atur Profil Twitter
Langkah ini sebenarnya bisa di lewati, namun ada baiknya kita
mengisi dulu mulai biodata dan foto profil twitter kita. Hal ini bertujuan agar
nantinya kita memiliki identitas yang menjadi ciri khas dan orang yang senang
dengan kita pun tidak segan utuk mem-Follow atau mengikuti aktifitas kita di
twitter.
3.
Menulis Tweet
Tweet itu sama halnya dengan status di facebook yang mana apa
yang kita tulis akan dibaca juga oleh orang yang mengikuti kita. Batas kata
dalam menulis tweet ini sekitar 140 karakter. Namun pengguna tidak harus
hanya menulis status kata-kata saja, bisa juga memasukan link artikel menarik
yang sekiranya bermanfaat untuk para follower sobat.
4.
Berdiskusi Membahas Topik tertentu
Ketika ingin membahas suau topik yang sedang dibahas juga
oleh pengguna lain maka kita bisa memanfaatkan hastag (#) yaitu simbol pagar.
Misalnya sobat ingin membahas tentang liga inggris " #HasilLigaInggris MU menang telak
cuy.. " Maka tweet yang pengguna
buat juga akan dilihat pengguna twitter lain yang membahas topik sama dengan
hastag #HasilLigaInggris.
·
Cara membuat akun Twitter
1.
Isilah data-data pada kolom pendaftran seperti gambar di
bawah ini. Lalu klik “create my account”
2.
Lalu ikuti perintah selanjutnya. Isilah kode rahasia yg sudah
disediakan. Lalu klik “create my account”
·
Istilah-
3.
Jika
sudah berhasil masuklah pada alamat akun e-mail untuk mem-verifikasi agar
twitter dapat digunakan.
4.
Selesai.
Selanjutnya twitter dapat digunakan, untuk mengikuti pengguna lain, memposting
gambar, status dll
·
istilah yang ada pada twitter
ü
Follower: istilah follower dalam bahasa
kita disebut pengikut yaitu orang yang mengikuti/follow kita, maka mereka yang
menjadi follower kita ini akan menerima update dari tweet yang kita tulis.
ü
Following: istilah following dalam bahasa
kita artinya mengikuti yaitu orang yang sedang kita ikuti akun twitternya. Jika
kita mengikuti akun twitter seseorang, maka kita pun akan mendapat update dari
mereka.
ü
Reply: istilah replay ini dalam bahasa
kita artinya balasan. Jika kita ingin merespon atau membalas sebuah tweet orang
yang kita ikuti maka cukup klik ‘Reply’.
ü
ReTweet: istilah ReTweet seperti bahasa
asalnya yang di awali dengan Reartinya
mengulang. Istilah ini bahasa kerenya disingkat RT. RT sendiri dimaksudkan
menjadikan tweet seseorang yang kita follow untuk masuk menjadi Tweet
kita. Biasanya orang melakukan RT ini berpendapat bahwa Tweet orang tersebut
bermanfaat/ penting/ keren / dan ingin membaginya dengan followernya.
ü
@ : istilah tersebut disebut juga Mention dengan tanda @ ini berfungsi untuk
memberikan pesan atau seruan yang ditujukan pada pengguna twitter tertentu yang
merupakan follower kita. Contoh @Merahnews diharap datang membawa cemilan di
basecamp, yang mana pesan tersebut ditujukan pada pengguna dengan ID Merahnews.
ü
#
: istilah Hastag dengan simbol # seperti yang sudah
kita bahas di atas, yaitu untuk berdiskusi dan membahas topik yang sama.
ü
Direct
Message: stilah
ini juga disebut DM, yang berfungsi untuk mengirim pesan secara pribadi pada
inbox pengguna twitter lain. DM ini bersifat privasi atau pribadi jadi yang
mengetahui hanya pengirim dan yang dikirimi saja.
ü
Trending
Topic: istilah
ini merupakan istilah pada topik atau isu yang sedang booming ramai dibahas di
Twitter, bisa secara global di dunia atau trending di negara sendiri saja
tergantung pengaturan kita untuk menampilkan trending topik global atau
regional.
ü
Favorites: istilah ini merupakan fitur
baru twitter yang bermanfaat untuk menyimpan
tweet agar tidak hilang yang dapat kita buka sewaktu-waktu.
ü
Connect : istilah merupakan fitur baru
Twitter Connect yang berfungsi untuk mengetahui segala aktifitas yang terjadi
di twitter, mulai dari mention, retweet, tweet favorit, orang yang mem-follow,
dan interaksi kita dengan pengguna twitter lain.
ü
Discover : merupakan fitur untuk mengikuti
perkembangan yang sedang menjadi topic hangat atau yang menjadi trending topic,
baik bersekala internasional maupun regional semisal di Indonesia saja.
ü
Embed
tweet on your websites : Fitur sangat bermanfaat buat
sobat yang aktif juga di dunia blogging. Fungsinya untuk memasukan foto dan
video yang berasal dari Twitter ke website atau blog kita dengan script dari
Twitter, tidak jauh berbeda seperti memasukan video Youtube ke website/ blog.
D.
Lambang
atau Logo Twitter
Secara internasional, Twitter dikenal dengan logo burung
birunya yang bernama "Larry the Bird". Logo asli digunakan sejak
peluncuran Twitter pada 2006 hingga bulan September 2010. Versi modifikasi logo
Twitter diluncurkan saat Twitter mendesain ulang situsnya untuk pertama kali.
Pada 27 Februari 2012, seorang karyawan Twitter yang menangani platform dan API perusahaan
berkicau mengenai evolusi logo "Larry the Bird", mengungkapkan bahwa
logo tersebut dinamai berdasarkan Larry
Bird, pemain NBA dari Boston
Celtics. Pada 5 Juni 2012, Twitter meluncurkan logo ketiga yang di desain
ulang, menggantikan "Larry the Bird" dengan logo baru yang dinamakan
"Twitter Bird." Pada revisi logo ini, kata "twitter",
dengan huruf "t" kecil, tidak lagi digunakan, dan burung menjadi
satu-satunya simbol yang digunakan sebagai logo perusahaan. Menurut Douglas Bowman, desainer
grafis Twitter, logo baru ini terinspirasi dari Gunung Bluebird.
E.
Dampak
Positif dan Negatif dari Twitter
Dibalik
penggunaan social media terdapat dampak positif dan negatif nya, antara lain;
ü Dampak Positif
1.
Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan keterampilan
teknis dan social yang sangat di butuhkan di zaman digital seperti sekarang
ini. Mereka akan belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan public
dan mengelola jaringan pertemanan.
2.
Memperluas jaringan pertemanan, anak dan remaja akan menjadi
lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia, meski sebagian besar
diantaranya belum pernah mereka temui secara langsung.
3.
Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan
diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena di sini
mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
4.
Situs jejaring social membuat anak dan remaja menjadi lebih
bersahabat, perhatian, dan empati, misalnya memberi perhatian saat ada teman
mereka yang ulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka,
menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
5.
Internet sebagai media komunikasi : merupakan fungsi internet
yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
6. Media pertukaran data : dengan menggunakan
email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para
pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat
dan murah.
7. Media untuk mencari
informasi atau data : perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai
salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
8.
Kemudahan memperoleh informasi : kemudahan untuk memperoleh
informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa
saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan
informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
9. Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan : Dengan kemudahan ini,
membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena
dapat di lakukan lewat internet.
ü Dampak Negatif
1.
Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka
berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
2.
Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan
pola masyarakat dalam berinteraksi.
3.
Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di
internet (kejahatan juga ikut berkembang).
4.
Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut
pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan
tersebut
5.
Mengakibatkan kemalasana, karena terlalu bergantung pada
penggunaan twitter
6.
Menjadi
pemicu konflik antar pengguna account
III.
KESIMPULAN
A.
Simpulan
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk
mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan
kicauan (tweet). Dalam twitter terdapat istilah-sitilah sebagai berikut
:
ü Follower
ü Following
ü Replay
ü Retweet
ü Connection @
ü Hastag
#
ü Direct
Message
ü Trending
topic
ü Favorite
ü Discover
dll
Twitter juga mempunyai logo yang sejak awal diluncurkan sudah beranti 3 kali, yang awalnya hanya tulisan “twitter” mulai tahun 2012 didesain ulang dengan gambar burung berwarna biru yang terinspirasi dari Gunung Bluebird. Dalam penggunaan twitter juga memiliki dampak positif dan negatif tergantung pada pengguna nya dapat menggunakan secara bijaksana atau malah sebaliknya.
IV.
DAFTAR
PUSTAKA
Wiki. 2006. Twitter. http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter diakses pada 16 April 2014.
Devitia, Cok. 2013. Yahoo Answer. https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20130924040020AAvoAEV
diakses pada 16
April 2014
Rahma, Rhya. 2013. Dampak Positif dan Negatif Twitter. http://rheabooks.blogspot.com/2013/12/dampak-positif-dan-negatif-twitter.
diakses pada 21 April
2014
Portal Mint. 2013. Cara Menggunakan Twitter (lengkap) terbaru
2014. http://www.mint.web.id/2013/01/cara-menggunakan-twitter.html diakses
17 April 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar