Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Kelas/ Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan ( 3x35menit)
Materi Pembelajaran : Menghormati Temanku Beragama Lain
I.
Standar
Kompetensi
Memahami pedoman hidup dari
Allah yang disampaikan melalui tokoh-tokoh Kitab Suci dalam upaya mengembangkan
relasi dengan sesama, orang tua dan lingkungan sekitarnya serta berusaha
mengembangkan hidup doa.
II.
Kompetensi
Dasar
Memahami bahwa Allah
menciptakan dirinya sebagai makhluk unik, mengenali perasaan-perasaannya yang
dapat mengganggu persahabatan serta lebih memahami lingkungan hidupnya sebagai
karunia Allah.
III.
Indikator
1. Menyebutkan
bermacam agama di Indonesia dan hari besarnya
2. Menjelaskan
ajaran Yesus yang terkandung dalam Lukas 10:30-37
3. Menyebutkan
contoh sikap menghormati teman berbeda agama dengan kita
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1. Menjelaskan
bermacam-macam agama di Indonesia dan hari besarnya
2. Menyebutkan
bermacam-macam tempat ibadah sesuai agama di Indonesia
3. Menjelaskan
tokoh-tokoh dalam Kitab Suci dari bacaan Injil Lukas 10:30-37
4. Menyebutkan
contoh sikap menghormati teman berbeda agama dengan kita
V.
Materi
Pembelajaran ( terlampir)
Ringkasan Materi
1. Macam-macam
agama di Indonesia dan hari besarnya serta tempat ibadahnya
ð Agama
Islam : Idul Fitri, Idul Adha =>
Masjid
ð Agama
Katolik : Natal, Paskah => Gereja
ð Agama
Kristen : Natal, Paskah => Gereja
ð Agama
Hindu : Nyepi, Galungan => Pura
ð Agama
Budha : Waisak => Wihara
2. Injil
Lukas 10:30-37
Mengisahkan tentang
orang Samaria yang tergerak hatinya untuk menolong orang yang terdampar di
pinggir jalan karena telah dirampok. Orang Samaria itu membawa dan merawat
orang itu. Sesuai dengan ajaran Yesus kita juga harus berbuat demikian,
berbelaskasih dengan sesama manusia.
3. Contoh-contoh
sikap menghormati teman berbeda agama
ð Tidak
mengganggu teman kita yang sedang beribadah
ð Memberi
salam kepada teman yang sedang merayakan hari besarnya
ð Menjenguk
teman yang sakit meskipun berbeda agama
ð Saling
menolong dengan teman lain ketika kesusahan
VI.
Strategi
dan Metode Pembelajaran
ð Strategi
Pembelajaran
1. Strategi
Pembelajaran Interaktif (interactive
instruction)
ð Metode Pembelajaran
1. Make
– A Match (Mencari Pasangan)
VII.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
|||||
1.
Pendahuluan
(Apersepsi
dan Motivasi)
· Menyampaikan
garis besar Kompetensi Dasar dan Indikator hasil belajar yang akan dicapai
· Memotivasi
siswa untuk bersemangat untuk mengikuti pembelajaran
· Menyiapkan
Kitab Suci/Alkitab
· Membagi
kelompok
· Menjelaskan
pada siswa aturan main kartu bergambar ; siswa harus mencocokan kartu soal
yang bergambar rumah ibadat dengan
kartu jawaban dengan mencari pasangan kartunya (kartu jawaban).
|
10
menit
|
|||||
2.
Kegiatan Inti
(Eksplorasi)
· Guru
menanyakan tempat-tempat ibadah di Indonesia pada siswa.
1. Apa
tempat tempat ibadah agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha?
· Guru
menyiapkan kartu untuk dibagikan pada siswa. Sebagian adalah kartu soal
(bergambar rumah ibadat) yang sebagiaan adalah kartu jawaban . (
Masjid=Islam, Gereja=Katolik, Gereja=Kristen, Budha=Wihara, Hindu=Pura )
· Kartu
dikocok oleh guru, siswa dibagi satu buah kartu yang berbeda sebagaian soal
sebagian lagi jawaban
· Dalam
hitungan 1, 2, 3 siswa harus segera mencari pasangan kartunya (kartu soal
harus cocok dengan kartu jawaban)
· Setiap
siswa yang bisa mencocokan kartunya sebelum batas waktu diberi point
· Setelah
satu babak, kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda
dari sebelumnya.
· Siswa
mencatat agama di Indonesia serta jawabanya seperti pada kartu untuk belajar
dirumah.
· Masuk
pada materi bacaan Kitab Suci, guru meminta salah satu siswa untuk membacakan
bacaan Injil Lukas 10:30-37 (point untuk siswa yang berani maju)
· Siswa
masuk dalam kelompok yang sudah dibagi sebelumnya.
· Siswa
mendiskusikan mengenai tokoh-tokoh dalam bacaan yang sudah dibacakan
1. Siapa
saja yang melewati orang yg kerampokan itu?
2. Siapa
orang yang berbaikhati menolong orang yang kerampokan itu?
3. Siapakah
dari ketiga orang itu yang menunjukan ajaran Yesus untuk berbelaskasih?
· Masuk
dalam submateri mengenai menghormati teman beda agama (masih dalam kelompok)
· Mendiskusikan
contoh-contoh sikap menghormati teman agama lain.
1.
Sebutkan contoh sikap-sikap menghormati teman
agama lain! Sebanyak-banyaknya
(Elaborasi)
· Memberi
kesempatan pada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
· Memberi
kesempatan kelompok lain untuk menanggapi
· Memberi
kesempatan kelompok lain untuk bertanya
· Memberi
kesempatan siswa untuk men-sharing kan atas pengalaman kegiatan belajar hari
ini.
(point untuk yang
berani maju)
(Konfirmasi)
· Memberi
waktu untuk tanya-jawab langsung kepada guru
· Meluruskan
kesalahpahaman, memberikan penguatan/ peneguhan serta penyimpulan
· Mencatat
rangkuman penjelasan dibuku catatan masing-masing
|
85
menit
|
|||||
3.
Penutup
· Menarik
kesimpulan bahwa:
1. Kita
harus menghormati teman kita yang berbeda agama
2. Menjalankan
ajaran Tuhan Yesus untuk selalu berbelaskasih kepada sesama
3. Di
indonesia terdapat 5 agama besar ( Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha)
· Mengembalikan
alat-alat, berpindah tempat duduk
· Doa
penutup
|
10
menit
|
VIII.
Media/Alat/Bahan
Pembelajaran
1. Alkitab
2. Kartu
bergambar
3. Buku
paket Komkat KWI, seri Murid-Murid
Yesus : Perutusan Murid-Murid Yesus Pendidikan Agama Katolik untuk SD, Buku Guru IV dan Buku Siswa IVa. Kanisius , Yogyakarta, 2004
4. Pengalaman
pribadi
IX.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1. Menyebutkan
bermacam agama di Indonesia dan hari besarnya
2. Menjelaskan
ajaran Yesus yang terkandung dalam Lukas 10:30-37
3. Menyebutkan
contoh sikap menghormati teman berbeda agama dengan kita
|
1. Tugas
individu dan kelompok
2. Keaktivan
siswa dikelas
|
1. Laporan
dan presentasi hasil diskusi kelompok
2. Menjawab
soal uraian
|
1. Sebutkan
macam-macam agama yang ada di Indonesia!
2. Sebutkan
hariraya serta tempat ibadah 5 agama di Indonesia !
3. Jelaskan
makna yang terkandung dalam bacaan Injil Lukas 10:30-37 !
4. Sebutkan
macam-macam sikap yang mencerminkan menghormati teman agama lain. 5 saja !
|
Semarang,
3 Juni 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Pengampu
(Dra. Irine Hartutik,
M.Pd) (Yanuaria
Eka Sari)
BISA POSTING RPP KELAS 3 DENGAN MATERI POKOK SAKRAMEN BAPTIS
BalasHapus